Jejak Sejarah Sumedang Menggapai Insun Medal Insun Madangan

Kupas Tuntas Perjalanan Sejarah Sumedang Sebagai Kabupaten Dinamis

Kupas Tuntas Perjalanan Sejarah Sumedang Sebagai Kabupaten Dinamis ist

Buku berjudul "Jejak Sejarah Sumedang Menggapai Insun Medal Insun Madangan” ini menjadi menarik, karena tidak hanya menggunakan pendekatan historis, tetapi juga menggunakan pendekatan sosiologis dan antropologis. Sehingga pembaca dapat memahami perkembangan Kabupaten Sumedang secara utuh dan menyeluruh.

Kata Pengantar

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas karunia, rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan penulisan buku dengan judul “Jejak Sejarah Sumedang Menggapai Insun Medal Insun Madangan” sesuai dengan rencana.

Buku ini memaparkan dan menguraikan perjalanan sejarah Sumedang sebagai kabupaten yang dinamis, dan sedang berupaya mencapai kemajuan disegala bidang pembangunan. Sesuai dengan catatan sejarah tempo dulu, pada tahun 2021 ini Kabupaten Sumedang merayakan Hari Jadi Kabupaten Sumedang yang ke-443.


Engkus Kusmayati, S.Pd.,

Penulis menggambarkan perjalanan sejarah Sumedang mulai dari masa Kerajaan Hindu Budha, masa kolonialisme sampai dengan masa sekarang. Bagaimana Kabupaten Sumedang mengalami perubahan dan dinamika dari masa ke masa ke arah kemajuan dengan daya dukung sumber daya alam, dan sumber daya manusia yang ada diuraikan secara panjang lebar pada buku ini.

Buku ini menjadi menarik karena tidak hanya menggunakan pendekatan historis, tetapi juga menggunakan pendekatan sosiologis dan antropologis. Sehingga pembaca dapat memahami perkembangan Kabupaten Sumedang secara utuh dan menyeluruh.

Pada kesempatan ini penulis tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada:
1. Drs. Chaeruddin Saleh, Kepala SMA Negeri Situraja. Kabupaten Sumedang
2. Bapak R. H. I. Loekman Soemadisoerya, Sri Radya Keraton Sumedang Larang
3. Ibu R. Hj. Fety Soemawilaga, Kepala Perpustakaan Nadzir Wakaf Pangeran Sumedang yang telah memfasilitasi sumber bacaan dan rujukan.
4. Bangsawan Sumedang, Radya Luky Djohari Soemawilaga (Radya Keraton Sumedang Larang), R. Asep Sulaeman Adiwinata Fadil, Raden Uke, Raden Eni, Raden Tatang Sobana, Raden Andi, dan semua Bangsawan Sumedang yang bertugas di Keraton Sumedang Larang
5. Bapak H. Dony Ahmad Munir, S.T., M.M., Bupati Sumedang yang telah memberi kesempatan untuk memperluas cakupan penulisan buku ini
6. Bapak H. Erwan Setiawan, SE., Wakil Bupati Sumedang yang telah bersedia mengarahkan dan memfasilitasi penulisan buku ini
7. Bapak Drs. H. Herman Suryatman, M.Si., Sekretaris Derah Kabupaten Sumedang yang juga merupakan Alumni SMA Negeri Situraja
8. H. Dedi Supandi, S.STP.,M.Si., Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat
9. Ibu H. Otin Martini, M.Pd., Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat yang telah mendorong penulis untuk kreatif menulis walaupun pada saat pandemi
10. H. Agus Wahidin, S.Pd.,M.Si., Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang
11. Kepala Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Sumedang
12. Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sumedang
13.Bapak Sutisna, S.Pd., M.Si., Camat Situraja
14. Semua pihak yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam penyusunan buku ini yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu.

Penulis menyadari bahwa penulisan buku ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, saran, kritik dan masukkan demi penyempurnaan buku ini sangat dinantikan. Penulis berharap semoga buku ini dapat diterima, dan memberi manfaat bagi dunia pendidikan khususnya, masyarakat, serta pemerintah Kabupaten Sumedang pada umumnya.

Sumedang, April 2021

Penulis: Engkus Kusmayati, S.Pd.,

Editor: Rusyandi

Bagikan melalui:

Komentar