Kepala SMP Negeri 4 Sumedang, Drs. Edeng Sutarya, M.M.Pd.,

SMP Negeri 4 Sumedang Dikenal Sebagai Gudang Atlet

SMP Negeri 4 Sumedang Dikenal Sebagai Gudang Atlet Bentar Wibisana

SUMEDANG, GJ.com - Meski bukan sekolah khusus atlet, namun Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 4 Sumedang ini cukup banyak melahirkan atlet-atlet berprestasi dari berbagai cabang olahraga. Bahkan, prestasi yang membanggakan tersebut tidak hanya di tingkat kabupaten, tetapi hingga ke tingkat nasional.

Segudang prestasi yang ditorehkan siswa-siswi terbaiknya dengan dibuktikan banyak trophy yang berjejer terpajang di ruang tunggu tamu SMPN 4. Dengan pencapaian prestasi di bidang olahraga ini, khususnya dari cabang volley ball, atletik dan pencak silat.

Tidaklah heran, jika SMPN 4 yang berlokasi di Jl. Pangeran Soeriaatmadja No. 12 Kotakulon, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang dikenal sebagai sekolah gudangnya atlet. Bahkan, bibit unggul atlet ini, tidak hanya menjadi kebanggaan bagi sekolah, tetapi juga sebagai aset Pemerintah Kabupaten Sumedang.


Foto diambil sebelum pandemi covid-19

Menurut Kepala SMP Negeri 4 Sumedang, Drs. Edeng Sutarya, M.M.Pd., pencapaian prestasi tersebut karena kami berkomitmen terhadap pembinaan ekstrakurikuler (ekskul) volley ball, atletik dan pencak silat.
Sehingga anak-anak yang mengikuti kegiatan ekskul tersebut dibina dengan baik, dan selain itu sekolah mendukung ketersediaan sarana olahraga yang memadai.

“Alhamdulillah SMP Negeri 4 Sumedang dari cabang olahraga tersebut selalu mendapatkan juara, baik di tingkat kabupaten, provinsi dan nasional,” kata Edeng yang juga sebagai Ketua MKKS SMP Kabupaten Sumedang saat berbincang dengan Majalah “Sekolah JUARA” di ruang kerjanya belum lama ini.

Bahkan, kata Edeng, atlet-atlet hasil binaan ekskul SMP Negeri 4 Sumedang ini ketika sudah lulus banyak diminta oleh club-club di luar Kabupaten Sumedang. Mereka ada yang diambil oleh club di tingkat provinsi, dan nasional.

Seperti lulusan tahun 2019, jelas Edeng, khususnya dari cabang olahraga volley ball ada yang ditarik untuk bergabung di club Kabupaten Bandung, Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Bekasi. “Atlet-atlet itu merupakan hasil produk dari ekskul di SMP Negeri 4,” ujarnya.

“Alhamdulillah untuk penyediaan sarana latihan kita sudah terfasilitasi dengan baik. Bahkan, untuk tempat latihan ekskul volley ball ini sudah lengkap, sudah seperti club. Itu semua tentunya karena adanya peran serta orang tua siswa yang menyediakan tempat latihan khusus. Target kami memang dari ekskul ini mengarah kepada club SMP Negeri 4 Sumedang,” tutur Edeng.

Selain kegiatan ekstrakurikuler volley ball, ungkapnya, SMP Negeri 4 juga ada ekskul atletik dan pencak silat, itu juga prestasinya sama, membanggakan.

Foto diambil sebelum pandemi Covid-19

“Saya juga bangga dari cabang olahraga atletik dan pencak silat ini setiap tahunnya kerap menorehkan prestasi dari berbagai ajang, baik di tingkat kabupaten, provinsi dan tingkat nasional,” tuturnya.

Jika ditanya dana untuk kegiatan proses latihan, jelas Edeng, adalah hal yang mustahil sebuah kegiatan yang digarap serius, dan menghasilkan prestasi jika tidak bicara dana. Sudah pasti akan memerlukan dana.

“Nah, untuk mencukupi dana yang diperlukan itu berasal dari sekolah, dan orang tua siswa. “Saya sangat bersyukur dan berterimakasih karena orang tua siswa dukungannya begitu besar, sehingga proses belajar ekstrakurikuler ini bisa berjalan dengan sempurna,” tuturnya.**

Editor: Rusyandi

Bagikan melalui:

Komentar