Audisi Pamungkas “Pesona Kreativitas Siswa 2019” di KCD XII Tasikmalaya

Talenta Muda Berebut Tiket Menuju Grand Final

Talenta Muda Berebut Tiket Menuju Grand Final Rusyandi

KSEDIKITNYA 120 peserta audisi terakhir “Pesona Kreativitas Siswa 2019” – Pemilihan Putra Putri Pelajar SMA dan SMK Kreative Tingkat KCD VI, VII, VIII, XI, XII Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat yang berlangsung di Aula SMK Negeri 2 Tasikmalaya, Sabtu (30/11/2019), bersaing ketat menampilkan kreativitas terbaiknya untuk memburu tiket menuju grand final yang akan dilaksanakan di Aula “Kihajar Dewantara” Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat pada 21 Desember 2019.

Gelaran audisi yang dilaksanakan tepat pukul 09.00 WIB diawali dengan sambutan selamat datang dari Wakil Kepala SMK Negeri 2 Tasikmalaya Bidang Kesiswaan, Drs. Henrawan yang mewakili Kepala SMK Negeri 2 Tasikmalaya, DR. H. Wawan, S.Pd., MM., dan dibuka secara langsung oleh Kasi Pelayanan KCD Wilayah XII, Dedi Suryadin, S.Pd., M.Pd., yang mewakili Kepala KCD XII, Ir. Herry Pansila Prabowo, M.Si.


Animo para peserta pada pamungkas dari rangkaian “Pesona Kreativitas Siswa 2019” di wilayah Kantor Cabang Dinas (KCD) XII Dinas Pendidikan provinsi Jawa Barat ini cukup tinggi. Terlihat sejak pukul 07.00 WIB para peserta audisi sudah memadati meja panitia untuk melakukan registrasi dan mengambil nomor peserta tampil.


Demi menjaring siswa berkualitas dan memiliki kreativitas unik, panitia penyelenggara menghadirkan dewan juri yang terdiri dari Danu Devano (Top Model Sumatera Selatan, Aktor Layar Lebar dan FTV, Presenter, Finalis The Cuts Indonesia Trans 7 tahun 2017), Hj. Dedah Ratikah, S.Pd., MM., (Analis Nilai Budaya Dinas Pariwisata dan Budaya Jawa Barat, Juara Tembang Sunda tahun 1990-an, Produser Pop Sunda dan Kawih, Juara Kawih tahun 1980), dan Ade Suhana (Biro Seni Budaya IPSI Kota Bandung dan IPSI Jawa Barat).


Tingginya animo dari para peserta audisi merupakan tantangan bagi dewan juri untuk lebih jeli melihat potensi peserta audisi. “Kami berharap bisa menemukan bakat-bakat istimewa dari peserta audisi di wilayah KCD XII ini, dan ternyata banyak talenta-talenta yang luar biasa, sehingga kami dewan juri sangat kebingungan untuk menentukan yang terbaik. Hampir 80 persen peserta audisi itu bagus-bagus. Meski demikian, tentunya kami harus mengambil yang terbaik dan teristimewa lagi,” kata Danu.


Menurut Danu, meski tidak tembus mendapatkan tiket ke grand final, namun para peserta ini semuanya sudah menjadi juara. “Semua peserta itu sudah menjadi juara, karena yang dikirim sekolahnya masing-masing untuk mengikuti ajang tahunan yang digelar majalah “Sekolah JUARA” dan DPP Asosiasi Kepala Sekolah Indonesia (AKSI) ini merupakan siswa terbaik dan berprestasi,” tutur Danu.


Satu persatu peserta mulai tampil yang dimulai dari penampilan peserta bernomor 01 atas nama Asep Abdul Jabar perwakilan dari SMK Negeri 2 Tasikmalaya yang menampilkan kabisanya di depan para juri dalam kategori bela diri. Dipandu MC kocak Anggi Durian membuat suasana semakin meriah, dan joke-joke yang dilempar Anggi untuk menggoda peserta audisi membuat gelak tawa para peserta audisi yang belum tampil, dan penonton lainnya, sehingga menambah keseruan audisi.


Disela-sela ketatnya persaingan para peserta audisi yang menunjukkan talentanya dari berbagai kategori, salah seorang peserta dengan nomor tampil 08 bernama Elsa Sri Rahayu dalam kategori seni peran menggemparkan panggung audisi “Pesona Kreativitas Siswa 2019”.


Elas yang beracting memerankan keresahan seorang anak perempuan karena direngut kesuciannya oleh lelaki bernama Jajang yang disajikan secara kocak, namun serius begitu sempurna dalam penampilannya, sehingga membuat para juri terkesima. Penonton pun terlihat menganga takjub. Teriakan dan tepuk tangan penonton pun seketika riuh memenuhi ruang audisi.


Dara mungil perwakilan dari SMK Singaparna ini, bahkan mendapatkan standing applause dari para juri di akhir penampilan, dan memukau penonton serta berhasil menyabet tiket untuk melangkah ke babak grand final di Kota Bandung.


Menurut wakil ketua pelaksana “Pesona Kreativitas Siswa 2019”, Y. Dewi, audisi “Pesona Kreativitas Siswa 2019” ini mulai bergulir sejak 27 Juli 2019 di wilayah KCD VII yang meliputi Kota Bandung dan Kota Cimahi. Audisi berlanjut ke KCD VI (Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Cianjur), 31 Agustus 2019, KCD VIII (Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang), 28 Sepetember 2019, KCD XI (Kabupaten Garut), 26 Oktober 2019 dan berakhir di KCD Wilayah XII (Kota/Kabupaten Tasikmalaya), 30 November 2019.


“Para peserta dari masing-masing KCD diambil 10 orang finalis, dan mereka akan berebut tiket pada putaran grand final yang akan berlangsung di Aula “Kijahar Dewantara” Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat pada tanggal 21 Desember 2019 mendatang. Namun sebelum masuk ke grand final mereka akan dikarantina mulai dari tanggal 18-20 Desember 2019,” katanya.


Dari hasil audisi “Pesona Kreativitas Siswa 2019” di wilayah KCD XII Kota/Kabupaten Tasikmalaya yang berhasil lolos ke grand final, yakni Ardian (SMAN 7 Tasikmalaya/kategori beladiri), Elsa Sri Rahayu (SMK Singaparna/kategori seni peran), Husni Fajar D (SMAN 1 Singaparna/kategori piano solo), Lutpi Zulkipli (SMAN 2 Singaparna/vokal), Milda Apriliani (SMKN Rajapolah/kategori vocal), Nurlela (SMKN 3 Tasikmalaya/kategori jaipongan), Wildan Octavian (SMAN 2 Tasikmalaya/kategori gitar klasik), Rega Dwijayanti (SMAN 1 Singaparna/kategori modern dance), Angelica Alsha Desyana (SMKN 2 Tasikmalaya/kategori modelling), dan Nafisa Muthia Wafa (SMAN 3 Tasikmalaya/kategori modelling).**

Editor: Rusyandi

Komentar