Lani Ardiani

Literasi Harus Digelorakan dan Membumi

Literasi Harus Digelorakan dan Membumi Bentar Wibisana

Literasi SMKN 1 Cikalongkulon yang digagas kepala sekolah merupakan program unggul yang harus tetap dipertahankan eksistensinya

Literasi adalah sebagai kemampuan membaca, menulis, dan menangkap ide-ide dan gagasan-gagasan secara visual. Untuk itu, budaya literasi harus terus digelorakan dan dibumikan. “Lewat membaca kita akan dapat memperkaya diri dalam perbendaharaan kosakata,” kata Tim Editor Satgas Literasi SMKN 1 Cikalongkulon, Lani Ardiani, ST.,Gr.,

Jika kita menulis dan membaca, kata Lani, tentu akan menunjang terhadap hasil karya tulis kita, karena akan belajar bagaimana merangkai kosakata dalam gaya penulisan dari sebuah karya. “Bagi saya secara pribadi dari kegiatan ini tidak hanya sekadar menulis artikel, tetapi untu lebih meningkatkan kemampuan dalam berliterasi,” katanya.

Selain literasi kaitannya dengan menulis dan membaca, tambah Lani, Tim Satgas Literasi juga mengembangkan literasi digital, seperti kegiatan webinar. Kegiatan Tim Satgas Literasi tidak hanya berkutat pada masalah menulis artikel saja, tetapi juga mengadakan perlombaan yang berkaitan dengan lierasi, seperti cerpen dan puisi, bagi umum dan kalangan pendidikan.

“Alhamdulillah kegiatan mendapatkan respon positif dari berbagai kalangan. Bahkan, pada perlombaan tersebut yang menjadi pemenangnya adalah siswa SD,” ujar Lani.

Lani menilai, literasi SMKN 1 Cikalongkulon yang digagas kepala sekolah merupakan program unggul yang harus tetap dipertahankan eksistensinya. Jadi siapapun ke depannya yang menjadi pimpinan di SMKN 1 Cikalongkulon, program sebagus ini harus berjalan.

“Kita harus tetap kompak, terus berkarya sehingga diharapkan literasi akan semakin membumi, khususnya di Cikalongkulon, dan umumnya di Jawa Barat,” pungkasnya.

Editor: Rusyandi

Bagikan melalui:

Komentar