Resort Festive 2021

Diskusi Budaya, Kisah Cinta Ujang dan Euis Hingga Adinda

Diskusi Budaya, Kisah Cinta Ujang dan Euis Hingga Adinda ist

Resort Festive 2021 konsisten membawakan tema-tema terkait pelestarian seni, budaya, sejarah, hingga isu lingkungan. Disamping mengangkat tema tentang pelestarian budaya tradisional, KM MRL UPI dan GenBI UPI, melalui Resort Festive 2021 ingin mematahkan stereotipe norak, jadul, dan ketinggalan zaman terhadap kebudayaan dari tanah air kita.

Keluarga Mahasiswa Manajemen Resort dan Leisure (KM MRL UPI), berkolaborasi bersama GenBI UPI, dengan bangga mempersembahkan Resort Festive 2021 yang telah berlangsung secara daring, belum lama ini.

Resort Festive 2021 mengusung tema “Preserving Traditional Culture” adalah yang pertama kali diadakan secara daring, mengingat pandemi Covid-19 belum juga mereda. Bekerjasama pula dengan TVUPI, antusiasme gelaran Resort Festive 2021 tak kalah meriah dengan tahun-tahun sebelumnya yang diadakan secara luring.

Resort Festive 2021 tak hanya menyajikan hiburan semata, namun juga diskusi budaya yang diselenggarakan pada 29 Mei 2021, melalui platform Zoom dan live pada akun YouTube resmi MRL UPI. Mengangkat topik “Strategi Pemerintah dalam Mempertahankan Surga Warisan Budaya: Saung Angklung Udjo” bersama Taufik Hidayat Udjo atau yang kerap disapa Kang Opik Udjo, salah satu putra dari seniman angklung, Udjo Ngalagena (Alm), Pimpinan sekaligus perwakilan Saung Angklung Udjo yang hadir pada diskusi budaya.

Ditemani Dr. A.H. Galihkusumah, M.M., selaku dosen peneliti dan Ketua Program Studi Magister Pariwisata UPI. Diskusi budaya ini juga turut menghadirkan special appearance dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Dr. H. Sandiaga Uno, BB.A., M.B.A.

Hari kedua gelaran Resort Festive 2021 menyuguhkan penampilan cemerlang nan ciamik dari line up gueststars yang berkolaborasi dengan UKM SENI MRL, tidak lupa juga Rasmus dan Eiza Maghfira yang memandu acara di hari kedua dan turut menyemarakan Resort Festive 2021.

Gelaran hari kedua dibuka oleh video dari Saung Angklung Udjo yang menunjukkan kondisinya saat ini di tengah pandemi, video ini juga secara tidak langsung merupakan kampanye untuk mempertahankan budaya tradisional Tatar Pasundan, salah satunya ialah kesenian Angklung. Melalui Resort Festive 2021, KM MRL juga turut memberikan support terhadap upaya pelestarian seni budaya tradisional dengan melakukan open donation untuk Saung Angklung Udjo.

Resort Festive 2021 dilanjutkan oleh penampilan dari Olav yang berkolaborasi bersama Vioces dan Arumba MRL, membawakan lagu Ibu Pertiwi dan Heal The World. Audiens kemudian dipertontonkan pagelaran kabaret Caramel MRL, yang bercerita tentang upaya Ujang yang ingin mempersatukan budaya tradisional dan modern untuk menciptakan pertunjukkan hebat tanpa harus menghilangkah salah satu budaya, serta ditutup oleh pertunjukkan memikat hati dari Abbydzar yang membawakan lagu-lagu ciptaannya, salah satunya, Adinda.

Resort Festive 2021 konsisten membawakan tema-tema terkait pelestarian seni, budaya, sejarah, hingga isu lingkungan. Disamping mengangkat tema tentang pelestarian budaya tradisional, KM MRL UPI dan GenBI UPI, melalui Resort Festive 2021 ingin mematahkan stereotipe norak, jadul, dan ketinggalan zaman terhadap kebudayaan dari tanah air kita.

Resort Festive 2021 juga ingin menunjukkan pada generasi muda, bahwa budaya tradisional bukanlah sesuatu yang harus dibiarkan luruh bersama dengan kemajuan teknologi dan budaya modern, namun sesuatu yang dicintai dan dilestarikan ditengah arus globalisasi yang seringkali menggerus nilai-nilai tradisional dalam kehidupan.***

Editor: Rusyandi

Bagikan melalui:

Komentar