Melalui Musrenbang Dewan Fokus Pada Pendekatan Politik

Melalui Musrenbang Dewan Fokus Pada Pendekatan Politik sastra firmansyah

KABUPATEN BANDUNG, GJ.com - Anggota DPRD Kabupaten Bandung, Riki Ganesa mengatakan, dalam pelaksanaan musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) di tingkat Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung, temanya fokus pada membangun perekonomian yang lebih ekslusif.

"Kita dari dewan, ya fokus pada pendekatan politik," kata Riki Ganesa kepada wartawan usai menghadiri musrenbang tingkat Kecamatan Cileunyi, Kamis (18/2/2021).

Riki mengatakan, dalam pelaksanaan musrenbang tersebut, DPRD mempunyai kepentingan terhadap proses dan mekanisme perencanaan tersebut.

"Yaitu melalui pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan skala prioritas yang dituangkan dalam pokok-pokok pikiran DPRD, sehingga apa yang direncanakan dapat menyentuh langsung terhadap kepentingan masyarakat," kata anggota dewan dari Fraksi Partai Golongan Karya ini.

Proses pengusulan rencana pembangunan tersebut, imbuhnya, didorong melalui aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) Kementerian Dalam Negeri.
"Dengan adanya aplikasi SIPD itu, sehingga terwujud sistem yang tidak memungkinkan celah ketidakkonsistenan antara perencanaan dengan penganggaran," ungkap Riki asal daerah pemilihan III ini.

Begitu pula dengan aspirasi masyarakat, kata Riki Ganesa, yang dituangkan dalam pokok-pokok pikiran DPRD, disusun melalui penerapan aplikasi e-pokir yang terintegrasi dalam SIPD," ujarnya.

Apabila dikaji lebih mendalam terhadap pendekatan politik, lanjut dia, maka perlu adanya suatu kesepahaman antara legislatif dengan eksekutif.

"Baik dari sisi program maupun kegiatan dalam mencapai sasaran yang ingin dicapai pada satu tahun anggaran. Terutama program atau kegiatan yang merupakan prioritas kepentingan masyarakat," ucapnya.

Pada gilirannya nanti, katanya, sasaran pembangunan yang akan ditetapkan dalam RPJMD Kabupaten Bandung 2021-2026 dapat terwujud atas kerja bersama.
"Melalui musrenbang ini dapat menghasilkan kesepakatan dan kesepahaman dalam menyusun daftar skala prioritas pembangunan untuk dijadikan bahan masukan bagi proses lebih lanjut dari perencanaan pembangunan daerah Kabupaten Bandung," tuturnya.

Pada kesempatan itu, Riki juga turut menyikapi tentang penanganan dan pencegahan pandemi Covid-19 tetap harus menjadi fokus perhatian semua pihak. "Tetap penanganan dan pencegan penyebaran virus corona harus menjadi perhatian bersama, setelah pemerintah secara bertahap melaksanakan vaksinasi Covid-19," pungkasnya.**

Penulis: Sastra Firmansyah

Editor: Rusyandi

Bagikan melalui:

Komentar