Pangdam III/Siliwangi Melepas Ikan dan Tanam Pohon di Sektor 4/Majalaya

Pangdam III/Siliwangi Melepas Ikan dan Tanam Pohon di Sektor 4/Majalaya sastra firmansyah Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto bersama jajarannya saat melepas ikan di aliran sungai Citarum di Sektor 4/Majalaya Satgas Citarum Harum Kampung Radug Balekambang, Desa Sukamaju, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung, Kamis (11/2/2021).

KABUPATEN BANDUNG, GJ.com - Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto melakukan kunjungan kerja ke Sektor 4/Majalaya Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum Kabupaten Bandung, Kamis (11/2/2021).

Kunjungan kerja Pangdam III/Siliwangi berserta jajarannya disambut Komandan Sektor 4/Majalaya, Kolonel Inf Mulyono HS, dan jajaran TNI lainnya.

Sejumlah pimpinan perusahaan maupun personalia, jajaran Muspika Majalaya dan para kepala desa di kawasan Sektor 4/Majalaya turut menyambut kehadiran Pandam III/Siliwangi.

Di Sektor 4/Majalaya, Pangdam III/Siliwangi meninjau Pos Gabungan Siaga Bencana di Sub Pos Majalaya.

Pangam III/Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto mengapresisi para relawan di Pos Gabungan Siaga Bencana yang melakukan antisipasi, dan deteksi dini ancaman banjir yang diakibatkan luapan Sungai Citarum dengan memantau curah hujan di hulu sungai tersebut.

Pangdam III/Siliwangi dalam kunjungannya melepas bibit ikan patin, nila dan ikan mas di sungai Citarum di Kampung Radug Balekambang, Desa Sukamaju, Kecamatan Majalaya.

Seusai menabur ikan, Pangdam III/Siliwangi bersama jajaran TNI lainnya melaksanakan penanaman pohon di bantaran Sungai Citarum, dan dilanjutkan dengan pertemuan silaturahmi dengan sejumlah pengusaha dan personalia di Sharon Jalan Raya Rancajigang, Desa Padamulya, Kecamatan Majalaya.

Nugroho mengatakan, kunjungan kerja ke Sektor 4/Majalaya Satgas Citarum Harum, untuk melihat langsung mutu kualitas air Sungai Citarum.

"Alhamdulillah, mutu air Sungai Citarum sudah membaik. Ikan sudah bisa hidup, sehingga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat," kata Pangdam.

Nugroho menyatakan, mutu sungai Citarum sudah bagus. Ia pun menghimbau kepada masyarakat jangan buang sampah sembarangan ke sungai Citarum.

"Jangan buang limbah ke sungai Citarum. Termasuk limbah keluarga (domestik) harus dapat perhatian, dan jangan dibuang ke sungai. Kita harus menjaga aliran sungai Citarum," katanya.

Di tempat sama, Kolonel Inf Mulyono pun turut mengapresiasi atas dukungannya dari para pengusaha dalam kegiatan kunjungan Pangdam III/Siliwangi ke Sektor 4/Majalaya. "Semua para pengusaha terlihat bagus dan mendukung program Citarum Harum," ungkapnya.

Mulyono menyatakan, kualitas aliran Sungai Citarum sudah bagus.
"Sudah tidak ada pencemaran limbah pabrik di Sungai Citarum (Sektor 4/Majalaya). Para pengusaha sudah mendukung program Citarum Harum," katanya.

Perwakilan pengusaha Sharon, Usman mengucapkan terima kasih kepada pemerintah, khususnya jajaran TNI Satuan Tugas Citarum Harum atas bantuan dan arahannya.
"Terima kasih atas bantuan dan arahannya. Ini merupakan program (Citarum Harum) yang sangat mulia," katanya.

Ia menyatakan, dukungannya kepada pemerintah yang melaksanakan Program Citarum Harum.

"Kami dari keluarga besar sharon mendukung program pemerintah dalam melaksanakan program Citarum Harum. Kami pun mengucapkan terima kasih kepada pemerintah atas kunjungannya," katanya.**

Penulis: Sastra Firmansyah

Editor: Rusyandi

Bagikan melalui:

Komentar