Kader PKK Harus Mendapatkan Perhatian

Kader PKK Harus Mendapatkan Perhatian sastra firmansyah

KABUPATEN BANDUNG, GJ.com - Deden Asrul Trisnawan, salah seorang tokoh pemuda di Desa Majalaya, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung mengaku, prihatin setelah mendengar curhatan dari sejumlah kader PKK di wilayahnya.

Padahal mereka merupakan garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya dalam pelayanan kesehatan di Posyandu maupun dalam kegiatan sosial masyarakat.

"Saya berharap, keberadaan kader PKK itu harus dipikirkan karena selama ini mereka bekerja keras tanpa pamrih untuk mengabdikan diri kepada masyarakat," tutur Deden Asrul wartawan di Majalaya belum lama ini.

Setelah mendengar curhatan dari sejumlah kader PKK itu, Deden ingin sekali memberikan perhatian kepada ibu-ibu rumah tangga tersebut. Pasalnya, mereka sudah berbuat mulia untuk kepentingan masyarakat.

"Bagaimana tidak, selain mengurus keluarganya sendiri, juga membantu orang lain," ujar Ketua KNPI Kecamatan Majalaya ini.

Ia mengungkapkan, sudah saatnya kader PKK layak mendapatkan kompensasi walau hanya sedikit.

"Bila perlu harus ada insentif bagi mereka yang ingin menjadi kader agar tidak kesulitan untuk mendapatkan generasi baru kader PKK untuk meneruskan pengabdiannya secara sukarela. Saat ini, sangat sedikit di antara warga yang ingin menjadi kader PKK karena kurangnya mendapat perhatian dari pemerintah," ungkap Deden yang saat ini mendapatkan banyak dukungan untuk menuju konstelasi Pilkades Majalaya.

Dikatakan Deden, sejumlah pihak menilai, bahwa pekerjaan menjadi kader PKK itu dinilai 'kuno', sehingga kurang mendapatkan perhatian.

"Padahal, peranan kader PKK sangat besar untuk membantu program pemerintah. Bahkan dalam sebuah kegiatan, kader PKK tak bisa dipisahkan dalam upaya merealisasikan program pemerintah," ungkapnya.

Untuk itu, ia berharap untuk meningkatkan kinerja kader PKK, dalam upaya meningkatkan pola hidup bersih dan sehat di masa pandemi Covid-19 ini, harus ada perhatian khusus dalam hal anggaran.

"Walau mereka kerja sukarela, yang namanya ada perhatian anggaran insentif sangat mendukung pada kinerja mereka di lapangan," katanya.**

Penulis: Sastra Firmansyah

Editor: Rusyandi

Bagikan melalui:

Komentar