Satgas Citarum Harum dan Para Kepala Desa Bahas Dana CSR Untuk Bangun TPS

Satgas Citarum Harum dan Para Kepala Desa Bahas Dana CSR Untuk Bangun TPS sastra firmansyah

KABUPATEN BANDUNG, GJ.com - Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum Sektor 4/Majalaya dan para kepala desa di Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung bahas tentang pemanfaatan dana CSR (corporate social responsibility), dan kewajiban pihak perusahaan untuk merealisasikan dana CSR bagi kepentingan masyarakat luas.

Pertemuan di antara Komandan Sektor 4/Majalaya Satgas Citarum Harum, Kolonel Inf. Mulyono HS dengan para kepala desa berlangsung di Posko Sektor 4/Majalaya, Jalan Raya Rancajigang, Desa Padamulya, Kecamatan Majalaya, Selasa (19/12021).

Mulyono mengatakan, pertemuan antara Satgas Citarum Harum dan para kepala desa yang pertama kali ini untuk membahas pencapaian program Satgas Citarum Harum dengan progres masing-masing desa di wilayah Kecamatan Majalaya. Program Satgas Citarum Harum dengan aparatur desa itu bisa disinergikan dengan desa, khususnya dalam penanganan atau pengelolaan sampah dan penataan lingkungan.

"Untuk penanganan sampah yang dihasilkan rumah tangga bisa dengan cara membuat tempat pengolahan sampah (TPS), dan tempat pembakaran sampah. Namun lokasi TPS dan tempat pembakaran sampahnya harus jauh dari permukiman warga supaya tidak menimbulkan polusi udara, serta mengganggu kesehatan masyarakat," tutur Mulyono.

Ia mengungkapkan, untuk pembuatan atau pembangunan TPS sekaligus tempat pembakaran sampah itu, menggunakan anggaran yang berasal dari dana CSR yang menjadi kewajiban pihak perusahaan dalam kepeduliannya terhadap lingkungan sekitar.

"Setiap perusahaan bisa mengeluarkan dana CSR yang peruntukkannya untuk pembangunan TPS dan tempat pembakaran sampah, yang dibangun di semua desa di Kecamatan Majalaya," ujar Mulyono.

Dikatakannya, untuk pembangunan tungku pembakaran sampah itu bisa dilaksanakan secara bertahap. Sehingga dalam proses pembangunannya, perusahaan yang ada di Majalaya itu untuk mengeluarkan dana CSR yang dikelola oleh Apdesi atau masing-masing desa.

"Dengan adanya pengelolaan dana CSR itu, desa yang banyak perusahaan industrinya maupun tidak tetap masing-masing desa harus ada pelaksanaan pembangunan tungku pembakaran sampah," katanya.

Komandan Sektor 4/Majalaya mengungkapkan, di Majalaya itu menghasilkan banyak sampah. Tetapi dalam proses pengolahannya sampahnya belum optimal karena tidak ada TPS dan minimnya tempat pembakaran sampah.
Untuk itu, ia mendorong kepada para kepala desa untuk menyiapkan lahan kosong yang jauh dari permukiman penduduk untuk pembangunan TPS dan tempat pembakaran sampah.

"Dengan harapan program Satgas Citarum Harum, khususnya dalam penanganan sampah bisa tercapai," harapnya.

Mulyono mengatakan, dengan adanya penanganan sampah itu supaya warga tak buang sampah ke Sungai Citarum dan anak-anak sungainya. "Kita juga mengajak kepada para kepala desa untuk menyediakan lahan untuk penanaman sayur mayur guna ketahanan pangan, selain menyiapkan lahan untuk taman bermain bagi kepentingan masyarakat," katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Sukamaju, Acep Handana menyatakan, kesiapannya untuk menyediakan lahan untuk sarana TPS dan tempat pembakaran sampah. Apalagi sebelumnya, di Desa Sukamaju sudah ada pembangunan tungku pembakaran sampah dan dalam proses pembangunannya pun melibatkan Satgas Citarum Harum dan warga sekitar.

Para kepala desa pun menyambut program Satgas Citarum Harum yang akan disinergikan dengan program desa, dalam hal penanganan atau pengelolaan sampah.**

Penulis: Sastra Fimansyah

Ket foto
Satgas Citarum Harum Sektor 4/Majalaya mengadakan pertemuan dengan para kepala desa bahas pemanfaatan dana CSR untuk pembangunan tempat pengolahan sampah dan tungku pembakaran sampah di Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung, Selasa (19/1/2021).

Editor: Rusyandi

Bagikan melalui:

Komentar