Komandan Sektor 4 dan Kepala Desa Padamulya Bahas Ketahanan Pangan untuk Membantu Rakyat

Komandan Sektor 4 dan Kepala Desa Padamulya Bahas Ketahanan Pangan untuk Membantu Rakyat sastra firmansyah

KABUPATEN BANDUNG, GJ.com - Komandan Sektor 4/Majalaya Satgas Citarum Harum, Kolonel Inf. Mulyono, HS bersama Kepala Desa Padamulya, Iwan Kartiwa akan berkolaborasi dalam program ketahanan pangan dengan sasaran. Tujuan dari program tersebut guna membantu rakyat dalam meningkatkan perekonomian.

Pertemuan di antara kedua belah pihak yang berlangsung di Pos Gabungan Siaga Bencana Subpos Desa Majalaya, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung, Jumat (15/1/2021) dihadiri sejumlah awak media.

Setelah pertemuan tersebut Komandan Sektor 4/Majalaya Satgas Citarum Harum berencana akan melakukan pertemuan lanjutan dengan para kepala desa se-Kecamatan Majalaya untuk membahas program kerja dan menyamakan persepsi dalam upaya membantu masyarakat sekitar.

Kepala Desa Padamulya, Iwan Kartiwa mengatakan, pertemuan dengan Komandan Sektor 4 banyak membahas terkait dengan visi dan misi program pemerintahan desa yang akan bersinergi dengan Satgas Citarum Harum.

"Mudah-mudahan ke depannya, kita sebagai aparatur Desa Padamulya bisa bersinergi dengan Satgas Citarum Harum dalam membangun desa. Apalagi desa sebagai ujung tombak dalam pembangunan," kata Iwan kepada wartawan usai pertemuan dengan Komandan Sektor 4.

Ia berharap, dengan adanya pertemuan dengan Satgas Citarum Harum itu, bisa bersinergi dalam segala program pembangunan di desa untuk menindaklanjuti program presiden atau pemerintah pusat. Di antaranya bersinergi dalam program ketahanan pangan, selain penghijauan, konservasi tanah dan air.

"Kita berharap bisa membangun desa menjadi desa mandiri. Dalam upaya membangun desa itu tak mengandalkan dana desa, sehingga berharap ada sumber anggaran lainnya untuk membangun desa guna kepentingan dan kesejahteraan masyarakat. Karena kita sebagai aparatur desa bekerja untuk membantu masyarakat, khususnya dalam peningkatan ekonomi," tuturnya.

Iwan yang baru beberapa bulan ini menjabat kepala desa ingin membangun desa mandiri dan lebih maju dari sebelumnya. Sehingga untuk menuju ke arah peningkatan pembangunan di desa itu, berusaha untuk menciptakan lapangan kerja untuk kepentingan masyarakat di desanya.

"Ternyata apa yang menjadi visi dan misi saya sebagai kepala desa itu, untuk menciptakan lapangan kerja mendapat dukungan dari Komandan Sektor 4. Bahkan beliau siap membantu untuk kemajuan Desa Padamulya," katanya.

Ia berharap, kepada pihak perusahaan yang ada di lingkungan Desa Padamulya untuk sama-sama membantu mewujudkan visi dan misinya dalam upaya menciptakan lapangan kerja guna kepentingan masyarakat luas.

"Untuk diketahui bahwa di Desa Padamulya itu, mengalami keterbatasan sumber daya alam karena keterbatasan lahan untuk meningkatkan ketahanan pangan. Mengingat di Desa Padamulya itu, sebagian besar lahannya sudah habis digunakan oleh kawasan industri dan perumahan. Lahan pertaniannya itu hanya tersisa antara 20-25 persen, sedangkan sebagian besar lahannya 75 persen sudah habis digunakan kawasan industri dan perumahan," tuturnya.

Dikatakan Iwan, lahan yang sudah terbangun menjadi kawasan industri, lahan terbuka hijaunya pun sangat minim karena sebagian besar lahannya digunakan bangunan industri.

"Untuk kedepannya nanti, Satgas Citarum Harum Sektor 4 dengan aparatur Desa Padamulya, karang taruna, dan warga setempat akan bekerjasama untuk menciptakan lapangan kerja untuk kepentingan masyarakat," ungkapnya.

Salah satu program yang akan dihadapi kedepan, imbuhnya, pihaknya akan menanam tanaman buah-buahan dengan harapan dalam kurun waktu selama 10 tahun kedepan, hasilnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

"Kita akan menanam tanaman dengan akar tunggal, di antaranya jenis tanaman buah-buahan. Supaya hasilnya bisa dirasakan anak cucu kita di desa. Dengan menanam tanaman akar serabut, khususnya di lahan yang ada di Desa Padamulya tak menunjang karena lahan yang tersedia hanya di dekat atau sekitar bantaran sungai. Di bantaran sungai enggak bisa akar serabut. Tapi harus akar tunggal supaya dapat memberikan manfaat dalam upaya gerakan penghijauan," katanya.**

Penulis: Sastra Firmansyah

Ket foto

Komandan Sektor 4/Majalaya Satgas Citarum Harum, Kolonel Inf. Mulyono HS (kedua kiri) bersama Kepala Desa Padamulya, Iwan Kartiwa (tengah) akan melakukan sinergitas dalam program ketahanan pangan dengan sasaran untuk membantu rakyat dalam meningkatkan perekonomian.

Editor: Rusyandi

Bagikan melalui:

Komentar