Pada hari "H" Pencoblosan di Masa Pandemi Covid-19, Ini yang Disiapkan KPU di TPS

Pada hari "H" Pencoblosan di Masa Pandemi Covid-19, Ini yang Disiapkan KPU di TPS Sasra Firmansyah Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bandung melaksanakan simulasi pencoblosan pada Pilbup Bandung di salah satu TPS di Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung, belum lama ini.

Kabupaten Bandung, “GJ".com - Menghadapi hari "H" pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pibup) Bandung pada 9 Desember 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung akan mempersiapkan berbagai kebutuhan saat pencoblosan di tempat pemungutan suara (TPS). Persiapan itu berkaitan dengan kondisi Kabupaten Bandung berada pada risiko tinggi pandemi Covid-19, sehingga keselamatan dan kesehatan para pemilih menjadi hal yang utama.

"Di masa pandemi Covid-19 ini, untuk di TPS KPU telah mempersiapkan berbagai hal yang nantinya akan dibutuhkan di saat pencoblosan Pilbup Bandung pada 9 Desember 2020 mendatang. Di antaranya, tempat cuci tangan pakai sabun di tempat masuk dan keluar TPS. Selain itu mempersiapkan thermo gun, untuk mengukur suhu tubuh para pemilih yang datang ke TPS," kata Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU  Kabupaten  Bandung H. Supriatna kepada wartawan, Selasa (1/12/2020) malam. 

Kemudian, imbuh Supriatna, menyiapkan sarung tangan plastik sekali pakai untuk semua pemilih, tempat sampah, menggunakan tinta dengan sistem oles. "KPU juga menyiapkan bilik khusus untuk pemilih dengan suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celcius. Penyemprotan disinfektan secara berkala," jelasnya.

Khusus untuk petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS), katanya, disiapkan sarung tangan latek, face shild, baju hazmat, masker dan hand sanitizer.

"Untuk memberikan rasa nyaman kepada para calon pemilih, katanya, KPU di masa pandemi Covid-19 ini ada arahan pengaturan jam datang ke TPS yang ditulis di surat pemberitahuan. 

"Dengan harapan para pemilih bisa datang sesuai jam yang tertulis untuk menghindari kerumunan," jelasnya. 

Ia pun menyebutkan, dari sekian ribu TPS yang ada di Kabupaten Bandung, jumlah pemilih dalam satu TPS maksimal 500 pemilih. Untuk itu, KPU selalu menghimbau untuk selalu memperhatikan protokol kesehatan.

"Memakai masker, menjaga jarak, tidak bersalaman atau bersentuhan secara kontak fisik dan rajin mencuci tangan," harapnya.

Dikatakannya, semua persiapan itu atas arahan dari gugus tugas penanganan Covid-19. "Jadi jangan takut datang ke TPS. Insya Allah, kita berangkat ke TPS dalam keadaan sehat, begitupun pulang dalam keadaan sehat. Aamiin yra," pungkasnya.**

Penulis : Sasra Firmansyah

Editor: Ervan Radian

Bagikan melalui:

Komentar