Yena : Kerusakan Alam Menjadi Penyebab Bencana

Yena : Kerusakan Alam Menjadi Penyebab Bencana Sasra Firmansyah

Kabupaten Bandung, "GJ".com - Bertepatan dengan momentum  Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) tahun 2020 ini, calon Bupati Bandung Hj. Yena Iskandar Ma'soem melaksanakan gerakan menanam pohon di titik Nol Kilometer Sungai Citarum di kawasan Situ Cisanti Desa Tarumajaya Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung Jawa Barat, Minggu (29/11/2020).

Kehadiran calon Bupati Bandung yang diusung PDI Perjuangan dan berpasangan dengan calon Wakil Bupati Bandung Atep yang diusung PAN ini turut bersama-sama dengan Forum Komunikasi Pecinta Alam Kabupaten Bandung dan pihak lainnya dalam gerakan menanam pohon tersebut.

"Kegiatan menanam pohon yang sudah dilaksanakan pada hari Minggu itu sebagai wujud rasa terima kasih kepada alam semesta yang telah banyak memberi manfaat kepada kita. Saya bersama teman-teman Forum Komunikasi Pecinta Alam Kabupaten Bandung melakukan penanaman pohon di Kawasan Situ Cisanti yang merupakan titik nol kilometer Sungai Citarum," tutur Yena kepada wartawan dalam pesan tertulisnya, Senin (30/11/2020). 

Ia melakukan penanaman pohon itu, setelah sebelumnya mengetahui sering timbul masalah sebagai dampak dari terjadinya kerusakan alam dan ketidakseimbangan ekosistem. 

"Fungsi sungai yang dulu mengalirkan air untuk menghidupi lingkungan di sekitarnya, kini lebih sering menjadi penyebab bencana. Di antaranya bencana banjir," tutur Yena. 

Karena itulah, imbuh Yena, sejak awal dirinya telah berkomitmen untuk menjalankan program-program penghijauan dengan harapan bisa secara bertahap mengurangi kerusakan lingkungan yang terjadi di Kabupaten Bandung.

"Saya juga ingin mengajak semua orang, khususnya warga Kabupaten Bandung untuk menjaga dan melestarikan alam Kabupaten Bandung meski dengan tindakan sederhana namun ini pasti bermanfaat," ucapnya. 

"Jika bukan kita, siapa lagi? Jika tidak sekarang, kapan lagi? Yang harus kita wariskan kepada generasi penerus adalah mata air bukan air mata," imbuhnya.** 

Penulis : Sasra Firmansyah

Editor: Ervan Radian

Bagikan melalui:

Komentar