384 Warga Lansia di Bandung Terpapar Covid-19

384 Warga Lansia di Bandung Terpapar Covid-19 Bagian Humas Setda Kota Bandung

BANDUNG, GJ.com - Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Bandung hingga 20 November 2020 tercatat sebanyak 384 warga lanjut usia (lansia) atau 13,31 persen terpapar virus Covid-19. Berdasarkan data Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Bandung tahun 2019 jumlah warga lanjut Usia (lansia) di Kota Bandung mencapai 294.178 orang.

“Mungkin terpaparnya dari keluarga. Kebanyakan lansia itu tetap di rumah tapi anggota keluarga banyak yang beraktifitas di luar rumah. Anak atau cucunya yang OTG sehingga bisa mudah memaparkan ke lansia,” jelas Kepala Bidang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Lansia, DP3APM Kota Bandung, Sekar Pujawidayanti saat program Bandung Menjawab di Balai Kota Bandung, Selasa 24 November 2020.
Mengingat golongan lansia sangat rentan terpapar oleh covid-19, pihaknya bersama relawan lansia terus menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan. Hal ini sebagai langkah positif meningkatnya angka terpapar di kalangan lansia.
“Kami punya teman-teman relawan yang ada di seluruh kecamatan yaitu tergabung dalam sahabat lansia. Kami bekerjasama dengan mereka untuk memberikan sosialisasi ‘door to door’ untuk melihat kondisi lansia yang ada di wilayahnya masing-masing,” ungkapnya.
Untuk itu juga, ia mengimbau lansia agar tetap melakukan aktivitasnya di rumah. 
“Lakukan pola hidup bersih dan sehat makanan bergizi menggunakan masker. Tetap beraktivitas olahraga di lingkungan rumah," katanya.
"Mengikuti aktivitas religi melalui live streaming atau youtube dan media sosial lainnya. Dan terakhir melaksanakan hobi untuk mendapatkan kebahagiaan dan meningkatkan imun bagi lansia,” tuturnya.
Ia mengungkapkan, setiap tahunnya jumlah lansia yang ada di Kota Bandung semakin bertambah. Oleh karenanya hal itu perlu menjadi perhatian semua pihak.
Dari data tahun 2017, lansia berjumlah 264.415 orang atau 10,96 persen dari seluruh penduduk Kota Bandung. Pada tahun 2018 bertambah menjadi 11,22 persen.
“Bahwa lansia ini perlu mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah maupun masyarakat,” tuturnya.
Untuk diketahui sesuai dengan Undang-Undang 13 Tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia, bahwa yang termasuk kategori lansia yaitu masyarakat yang usianya di atas 60 tahun.**

Editor: Rusyandi

Bagikan melalui:

Komentar