Pemuda Pancasila Laksanakan Penghormatan Bendera Merah Putih dan Mengheningkan Cipta

Pemuda Pancasila Laksanakan Penghormatan Bendera Merah Putih dan Mengheningkan Cipta sastra firmansyah

IBUN, SJN".com - Sebagai bentuk kecintaannya terhadap tanah air, Keluarga Besar PAC Pemuda Pancasila Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung, Jawa Barat melaksanakan penghormatannya terhadap bendera Merah Putih di Alun-alun Ibun depan Kantor Kecamatan Ibun, Senin (17/8/2020). 

Penghormatan terhadap bendera Merah Putih itu dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-75 Kemerdekaan RI. Seusai melaksanakan penghormatan terhadap simbol nasional identitas Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) itu, para anggota atau kader PAC Pemuda Pancasila melaksanakan doa bersama dengan cara mengheningkan cipta untuk mendoakan para pahlawan yang telah gugur membela Tanah Air dan bangsa. 

Penghormatan terhadap bendera Merah Putih dan mengheningkan cipta itu dipimpin langsung Ketua PAC Pemuda Pancasila Kecamatan Ibun Risman Dariusman. Kegiatan tersebut berlangsung khidmat, sebagai bentuk komitmen para anggota Pemuda Pancasila dalam mengisi HUT ke-75 Kemerdekaan RI.

Risman mengatakan, selain melaksanakan penghormatan bendera Merah Putih dan mengheningkan cipta, turut dilaksanakan pula pemberian pembekalan terhadap para kader Pemuda Pancasila. 

"Pemberian pembekalan itu berkaitan dengan tugas pemuda dalam mengisi kemerdekaan. Dalam pelaksanannya pun kita tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19, semua anggota Pemuda Pancasila tetap menggunakan masker dan jaga jarak," kata Risman di Ibun. 

Didampingi Sekjen Atep Kustiwa, Risman mengatakan, melaksanakan penghormatan terhadap bendera Merah Putih pada HUT ke-75 Kemerdekaan RI merupakan momen yang sangat berharga yang tak akan pernah terulang lagi.

"Ini merupakan momen besar dalam menyambut HUT ke-75 Kemerdekaan RI. HUT Kemerdekaan RI ini dilaksanakan setahun sekali setiap tanggal 17 Agustus, semoga Indonesia semakin jaya selalu," kata Risman.

Dikatakannya, pada 17 Agustus ini, Pemuda Pancasila tidak  menyia-nyiakan momentum berharga dan hari besar itu. 

"Kita sebagai pemuda dan generasi penerus wajib ngamumule HUT ke-75 Kemerdekaan RI ini, dengan cara melaksanakan penghormatan  bendera Merah Putih, minimal dilaksanakan secara terbatas di lingkungan internal pengurus dan kader PAC Pemuda Pancasila Kecamatan Ibun. Namun dalam pelaksanaannya tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19, sesuai dengan anjuran dari pemerintah pusat untuk tetap pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan di air mengalir," kata Risman. 

Risman mengatakan dalam menyambut HUT Kemerdekaan RI tahun ini tidak semarak seperti pada tahun-tahun sebelumnya, sebelum negeri ini dilanda pandemi Covid-19. Pada tahun sebelumnya terlihat semarak, saat ini karena ada wabah virus corona sehingga harus menghindari kerumunan massa untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 tersebut.

Dalam kondisi keprihatinan seperti ini, ia sebagai generasi muda berusaha untuk tetap semangat berkarya. Disamping itu, sebagai pemuda harus ngamumule dan menghormati sejarah hasil dari perjuangan para leluhur yang telah mengorbankan nyawa, harta dan benda serta bercucuran darah dan keringat  untuk Kemerdekaan RI pada 75 tahun silam. 

"Maka dari itu, kita sebagai generasi penerus bangsa harus menghormati dan menghargai sejarah. Kapan lagi kalau bukan sekarang, dan siapa lagi yang akan membesarkan negara ini, kalau bukan kita sendiri. Makanya, kita harus ngamumule dan menghormati perjuangan para pejuang yang telah menjadikan Indonesia merdeka dari kaum penjajah. Setelah 75 tahun Indonesia merdeka, kita harus mengisi kemerdekaan ini melalui berbagai program pembangunan yang bermanfaat untuk masyarakat," paparnya. 

"Mudah-mudahan apa yang kita lakukan bermanfaat bagi bangsa dan negara," imbuhnya.**

Penulis: sastra firmansyah 

Editor: Rusyandi

Bagikan melalui:

Komentar