Kepala SMK Negeri 1 Cikalongkulon, Cianjur, Undang Iman Santosa

Kembangkan Agro Wisata Rusa

Kembangkan Agro Wisata Rusa Bentar Wibisana Kepala SMK Negeri 1 Cikalongkulon, Cianjur, Undang Iman Santosa

Menjadikan SMKN 1 Cikalongkulon yang dicintai masyarakat, menjadikan sekolah sebagai “rumah kedua” yang menyenangkan. Untuk membuat sekolah menarik, maka sekolah ini akan dilengkapi berbagai fasilitas, salah satunya dengan mengembangkan agro wisata rusa dan bisa menjadi kebanggaan khususnya masyarakat Kabupaten Cianjur, serta Jawa Barat pada umumnya.

Sosok Undang Iman Santosa yang baru mengelola SMKN 1 Cikalongkulon sekitar 10 bulan memang tak pernah “mati” berkreativitas, selain ingin menjadikan sekolah yang diawakinya menjadi SMK pusat keunggulan, ia pun ingin menghidupkan kembali peternakan rusa yang menjadi icon keunggulan SMKN 1 Cikalongkulon 17 tahun silam.

Ia bertekad untuk menjadikan SMKN 1 Cikalongkulon yang dicintai masyarakat, menjadikan sekolah sebagai “rumah kedua” yang menyenangkan. Untuk membuat sekolah menarik, maka sekolah ini akan dilengkapi berbagai fasilitas, salah satunya dengan mengembangkan agro wisata rusa dan bisa menjadi kebanggaan khususnya masyarakat Kabupaten Cianjur, serta Jawa Barat pada umumnya.

Dijelaskan Undang, mulai berdirinya SMKN 1 Cikalongkulon pada 2004 memang jurusan unggulannya adalah Peternakan Rusa. Karena ternyata prosedur izin peternakan rusa sulit, akhirnya berubah jadi peternakan unggas. “Namun, setelah 17 tahun kemudian, saya diberi kesempatan oleh Balai Besar Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Pertanian Kabupaten Cianjur, dulu disebut P4TK Pertanian Cianjur atau lebih dikenal dengan Vocational Education Development Center for Agriculture (Vedca) mengajak kerjasama untuk mengembangkan kembali peternakan rusa.

Dulu rusa-rusa yang dipelihara di SMKN 1 Cikalongkulon disimpan di Vedca Cianjur, urai Undang, karena memang saat itu belum siap. Sekarang tidak bisa mengklaim rusa-rusa tersebut milik kita, karena sudah diambilalih. Tetapi atas bantuan Vedca juga kita bisa kembali menangkarkan rusa yang akan didatangkan dari Jakarta. “Insya Allah dalam 1 sampai 2 bulan ke depan kita sudah memiliki izin, dan akan mengembangkan rusa di Jawa Barat dengan bantuan dari Menteri Kehutanan melalui PPSDH Jawa Barat. SMKN 1 Cikalongkulon akan mencoba menjadi salah satu satuan pendidikan yang menangkarkan rusa,” ucapnya.

Diungkapkannya, pada tahun 2003-2004 di Kabupaten Cianjur ini ada empat SMK yang dikembangkan dan memiliki keunggulan di bidang kompetensi keahlian masing-masing, yakni SMKN 1 Pacet dengan keunggulan cabe paprika, SMKN 1 Cidaun dengan keunggulan rumput laut, SMKN 1 Pagelaran dengan keunggulan ulat sutra dan lebah madu, dan SMKN 1 Cikalongkulon ini unggulannya peternakan rusa.

"Nah, saat itu mungkin karena prosedur birokrasinya/perizinan sulit, termasuk juga kalau SMK baru belum punya lahan, dan sarana prasarana untuk mengembangkan peternakan rusa mungkin saat itu belum siap. Nah, setelah pergantian beberapa kepala sekolah, juga kurikulum berumbah, maka SMKN 1 Cikalongkulon lebih memilih dalam pengembangan ternak unggas, sehingga peternakan rusa terlupakan,” tuturnya.**

Editor: Rusyandi

Bagikan melalui:

Komentar