Dra. Rokayah

Peran Humas Memberikan Pelayanan Informasi Terbaik Bagi Internal dan Eksternal

Peran Humas Memberikan Pelayanan Informasi Terbaik Bagi Internal dan Eksternal Bentar Wibisana Wakil Kepala SMP Negeri 1 Sumedang Bidang Humas, Dra. Rokayah

Dalam masa pandemi Covid-19, apalagi peserta didik haus melaksanakan pembelajaran dari rumah (BDR), peranan humas sangat penting di bidang pelayanan informasi positif, baik internal maupun eksternal.

PERANAN wakil kepala sekolah bidang humas dalam satuan pendidikan sangat menentukan terhadap nilai jual sekolah, dan meningkatkan kepercayaan masyarakat. Sehingga keberadaan bidang humas ini cukup penting. Humas menjadi unsur penyambung komunikasi dengan berbagai pihak, dan berbagai kegiatan yang menyangkut hubungan internal dan eksternal.

Sejak wabah Covid-19 ditetapkan sebagai pandemi global berdampak besar terhadap dunia pendidikan. Pembelajaran tatap muka di sekolah pun berganti menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau daring. Seluruh sekolah mulai dari TK, SD, SMP, SMA tidak bisa menjalankan pembelajarannya di dalam ruang kelas.

Menurut Wakil Kepala SMP Negeri 1 Sumedang Bidang Humas, Dra. Rokayah, dalam masa pandemi Covid-19, apalagi peserta didik haus melaksanakan pembelajaran dari rumah (BDR),
peranan humas sangat penting di bidang pelayanan informasi positif, baik internal maupun eksternal.

Rokayah mengatakan, selama pandemi Covid-19 ini kami dari bidang humas hanya bisa mengkomunikasikan program-program sekolah yang sekiranya bisa disampaikan kepada siswa dan orang tua siswa dengan memaksimalkan media sosial yang ada.

Melalui aplikasi yang mudah di akses para siswa dan orang tua, jelas Rokayah, seperti Whatsapp (WA) yang sering digunakan siswa dan orang tua siswa. Melalui aplikasi Whatsapp ini para siswa dan orang tua siswa dapat mudah mengakses berbagai macam informasi mengenai kegiatan sekolah dan pelaksanaan BDR.

“Bidang humas pun tidak hanya menyampaikan terkait pembelajaran saja terhadap siswa, tetapi selalu menyampaikan hal-hal lainnya seputar informasi pencegahan Covid-19, dan pola hidup sehat,” katanya.

Rokayah menyebutkan, salah satu tujuan dibuatnya studio “Angkasa”, selain untuk kelancaran BDR dan memacu guru untuk berinovasi dan berkreasi dalam memberikan bahan ajar terhadap siswa, juga sebagai wahana untuk berkomunikasi dengan berbagai pihak lain, termasuk orang tua siswa.

Bidang humas pun selalu menjadi garda paling depan dalam melayani tamu yang berkunjung ke SMP Negeri 1, tegasnya, seperti banyak tamu dari sekolah lain yang ingin melihat langsung keberadaan studio Angkasa di SMP Negeri 1.

“Tentu harus berkoordinasi dengan bidang humas, dan selanjutnya diajak untuk melihat sambil mengekpos tentang studio Angkasa. Kita memberikan panduan dengan membuat buku panduan. Jadi di SMP Negeri 1 ini kalau membuat sesuatu itu enggak asal, tetapi kita maksimalkan, sehingga orang lain itu percaya bahwa kita ini ada,” katanya.

Studio mini ini, lanjutnya, bukan hanya sekadar memperlihatkan fisik ruangannya, tetapi kita juga memberikan informasi secara lengkap dengan membikin selayang pandang tentang studio Angkasa dari mulai latar belakang sampai penggunaannya seperti apa, bahannya dari mana, dan lain sebagainya.

“Itu diekpos secara detail, sehingga orang yang datang ke sini bisa memahami dan puas dengan pelayanan kami,” ujarnya.

Bahkan, secara teknik tim SMP Negeri 1 juga siap membantu bila ada sekolah lain yang ingin membuat studio seperti ini, dan memang studio Angkasa yang kami miliki bisa bermanfaat bagi sekolah lain.**

Editor: Rusyandi

Bagikan melalui:

Komentar