Pandemi Covid-19, Pelantikan PMR SMAN 1 Gununghalu Berlangsung Sederhana

Pandemi Covid-19, Pelantikan PMR SMAN 1 Gununghalu Berlangsung Sederhana Bentar Wibisana

GUNUNGHALU, KKB, GJ.com - Di tengah situasi pandemi Covid-19, saat kegiatan belajar mengajar (KBM) secara daring ditempuh, namun kegiatan di SMA Negeri 1 Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat tidak pernah mati. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan baru-baru ini, yakni pelantikan pengurus Palang Merah Remaja (PMR) SMAN 1 Gununghalu dengan mengikuti aturan protokol kesehatan secara ketat.

Kepala SMA Negeri 1 Gununghalu, Sidiq Wachjono, S.Pd.,M.Pd., dalam sambutannya pada pelantikan pengurus PMR SMA Negeri 1 Gununghalu periode 2020/2021, meski pelantikan ini sempat tertunda karena pandemi Covid-19, tetapi akhirnya bisa dilaksanakan.

“Selamat kepada pengurus PMR purna bakti yang sudah bertugas dengan baik, dan mengucapkan terimakasih atas bakti kalian kepada masyarakat, dan kepada sekolah. Mudah-mudahan kalian mendapatkan kebaikan dari Allah SWT,” kata Sidiq dalam sambutannya pada pelantikan PMR SMA Negeri 1 Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat belum lama ini.

Sebagai pengurus baru yang hari ini dilantik, tegas Sidiq, mudah-mudahan segala rencana program PMR dapat bejalan dengan baik. Apa yang sudah diperoleh dari pengurus sebelumnya dapat ditingkatkan, dan sebagai kader PMR tentunya memiliki atau mengemban amanat yang sangat mulia. “Artinya kalian sebagai manusia yang peduli terhadap sesama, berbakti kepada masyarakat terutama mengenai baktinya dalam kesehatan, kebersihan dan juga persahabatan. itu tentunya yang menjadi dasar kalian nanti untuk menjiwai sebagai kader PMR,” tuturnya.

Menurut Sidiq, di sekolah belajar organisasi atau ekskul sebagai pengurus PMR, itu adalah bekal yang sangat berarti untuk masa depan dalam masyarakat, berarti sudah belajar untuk berorganisasi. “Mudah-mudahan segala langkah baik kita, rencana program kita bisa berjalan dengan baik, serta dimudahkan dan diridhoi Allah SWT,” pungkas Sidiq.

Sementara itu, menurut Ketua PMR SMAN 1 Gununghalu, Ajang Irhas Rifai kelas XI MIA-2, setelah dilaktik untuk periode 2020/2021 akan segera merancang progam kerja PMR untuk setahun ke depan, di antaranya melaksanakan latihan gabungan sesama sekolah, melaksanakan Haiking keluar 1 bulan sekali, merayakan HUT RI PMI, mengadakan latihan pembidaian, tandu, P3K dan lain-lain, serta mengikuti perlombaan PMR antar sekolah, dan melaksanakan botram 1 bulan 1 kali.

Terkait prestasi PMR SMAN 1 Gununghalu, menurut Ajang, PMR SMAN 1 Gununghalu pernah mengikuti berbagai perlombaan, dan juga menjadi juara, di antaranya:
1. Juara 1 Gerakan Palang Merah Tingkat Wira Barasi 2013
2. Juara 3 Traveling Kepalangmerahan PMR Wira Temu Relawan Tingkat Kabupaten Bandung Barat 2012 3. Juara 1 Lomba Baris Berbaris Wira Latgab dan Evaluasi II PMU Kabupaten Bandung Barat
4. Juara 2 Lomba Drama Ayo Sincan Tingkat Wira dalam rangka Latgab dan Evaluasi II Kabupaten Bandung Barat
5. Juara 3 Pertolongan Pertama V Cililin 2005
6. Juara Umum PMR Wira Latgab dan Spontanitas Sewilayah V Cililin AI-PMR 2002
7. Juara 1 BTM PMR Wira Sewilayah V Cililin 2001
8. Juara 2 BTM Wira IA-PMR CILILIN 1999

Untuk melaksanakan program, menurut Ajang, dikarenakan sedang pandemi, maka kami menjalankan program secara daring/online. Ekskul mingguan pun kami biasanya menggunakan aplikasi zoom, dan untuk program yg tidak dapat kami laksankan sekarang akan melaksanakannya setelah pandemi Covid-19 berakhir.

“Semoga PMR SMAN 1 Gununghalu bisa lebih maju, berprestasi dibidang kesehatan, dan menjadi ekskul yang paling membanggakan sekolah,” harap Ajang.

Hal senada juga diungkapkan Wakil Ketua PMR SMAN 1 Gununghalu, Ai Siti Aminah kelas XI MIA-3. Menurutnya, dirinya akan melakukan yang terbaik untuk PMR, dan berusaha menjalankannya sesuai visi dan misi.
“Terpilih sebagai wakil ketua tentunya seneng banget, dan enggak nyangka juga bisa kepilih. Aku harap ekskul PMR bisa lebih eksis lagi, baik di sekolah maupun luar Sekolah, dan lebih banyak diminati lagi oleh siswa-siswi, serta semoga lebih baik lagi kedepanya,” tutur Ai.

Dalam masa pandemic Covid-19 ini, lanjut Ai, mungkin susah ngadain kegiatan, tapi mungkin sementara ini untuk ekskul juga masih secara online dikarnakan tidak boleh ada pertemuan dulu. Insya Allah jika ada ijin dari sekolah, aku dengan ketua mau ngadain kegiatan di luar sekolah, seperti haiking, dan kegiatan di sekolah, seperti ngadain dulu praktek P3K dan lain-lain.

“Pesan aku untuk teman-teman tetaplah menjadi anggota PMR yang siap berkorban, berjuang hingga berani tampil di depan dalam setiap tugas yang diBerikan. Lebih kompak lagi, karena membantu teman dan orang yang membutuhkan adalah tugas kita sebagai PMR,” tutur Ai.**

Editor: Rusyandi

Bagikan melalui:

Komentar