Wakil Kepala SMA Negeri 1 Gununghalu Bidang Sarana dan Prsarana, Emi Yusmiati S.Pd.,

Bangun Fasilitas Guna Mendukung Kelancaran Proses Pembelajaran

Bangun Fasilitas Guna Mendukung Kelancaran Proses Pembelajaran Bentar Wibisana

GUNUNGHALU, KBB, GJ.com - Tidak bisa dipungkiri, sarana dan prasarana sangat mempengaruhi terhadap kemampuan siswa dalam belajar. Bahkan, prasarana sangat penting dalam menunjang kualitas pendidikan. Sehingga pengelolaan sarana dan prasarana merupakan kegiatan yang amat penting di sekolah, karena keberadaannya akan sangat mendukung terhadap suksesnya proses pembelajaran di sekolah.

Seperti halnya yang dilakukan Wakil Kepala SMA Negeri 1 Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat, Bidang Sarana dan Prsarana, Emi Yusmiati S.Pd., untuk menciptakan rasa nyaman dan aman bagi peserta didik berada di sekolah, maka dirinya terus melakukan pembangunan sesuai dengan program bidangnya guna memenuhi fasilitas bagi kebutuhan siswa, guru dan warga sekolah lainnya.

Bagi Emi apa dijalankan sesuai dengan program kerjanya semata-mata ingin memajukan SMA Negeri 1 Gununghalu. “Alhamdulillah saya dilahirkan di Gununghalu dan kebetulan ditempatkan di SMAN 1 Gununghalu sebagai guru ekomoni. Mudah-mudahan apa yang saya kerjakan sesuai dengan program bidang sarana dan prasarana bisa memajukan, dan meningkatkan kualitas pendidikan SMAN 1 Gununghalu,” tuturnya.

Menyinggung masalah program sarana pra sarana, Emi menyebutkan, sejak diriya diangkat menjadi wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana pada 2018 sudah banyak program yang dilaksanakan, di antaranya pemagaran. “Kebetulan SMAN 1 Gununghalu belum melakukan pembatasan antara tanah milik sekolah dengan tanah milik warga lingkungan sekitar. Sehingga program yang berjalan di tahun 2018, salah satunya adalah pemagaran,” katanya.

Setelah beres melaksanakan pemagaran batas tanah milik sekolah, lajut Emi, dilanjutkan dengan pembangunan tembok penahan tanah (TPT), rehab kelas, dan pengadaan alat-alat komputer. Untuk pengadaan alat-alat computer ini salah satunya kita mendapatkan bantuan dari pemerintah. “Bantuan lainnya adalah smart board dari KCD Wilayah VI, dan itu tersimpan di ruang multimedia, serta bantuan mading elektronik yang ditempatkan di ruang wakasek kesiswaan,” tuturnya.

Dalam kondisi pandemi Covid-19 ini, menurut Emi, kita juga membangun toilet siswa sebanyak 2 paket bantuan dari pemerintah. “Alhamdulillah bantuan tersebut kita manfaatkan dengan maksimal, mengingat jumlah siswa dari tahun ke tahun terus bertambah, sementara ketersediaan toilet sangat minim,” ujar guru ekonomi.

Pembangunan yang sedang berjalan, aku Emi, perluasan lapangan olahraga yang memang sudah dianggarkan untuk tahun 2021. Hanya untuk perluasan lapangan olahraga ini agak sedkit terkendala, karena anggaran belum turun dari pemerintah. Untuk menyikapinya kita menggunakan anggaran yang ada untuk sementara sambil menunggu anggaran turun.

Adapun program tahun 2020 yang sudah kita laksanakan di SMAN 1 Gununghalu, jelas Emi, di antaranya pembangunan kanopi parkir sepanjang 10 M2, pembuatan atau penggantian pintu koridor dibagian depan, dan pembuatan lemari piala.

Kenapa lemari kita pindahkan menjadi ke depan, tandas Emi, karena siswa SMA Negeri 1 Gununghalu itu walaupun tempat tinggalnya nun jauh dimata, tetapi dekat. Meski dalam kondisi pandemic Covid-19 tetapi tetap berprestasi, terutama dalam hal kegiatan ekstrakurikuler, di antaranya ekskul paskibra, pramuka dan sains itu selalu menorehkan prestasi.

“Banyaknya prestasi yang dibukukan para siswa otomatis koleksi piala akan semakin bertambah. Lemari yang selama ini ada sudah tidak bisa memuat lagi untuk menyimpan piala. Untuk itu kami buat lemari piala baru dengan posisi didepan dekat gerbang masuk,” katanya.

Bidang sarana dan prasarana, urai Emi, terus berupaya untuk penyediaan fasilitas dalam rangka mendukung kegiatan belajar mengajar, seperti pembangunan laboratorium (Lab). “Alhamdulillah, SMAN 1 Gununghalu sudah memiliki ruang lab fisika, biologi dan lab kimia untuk sains. Insya Allah untuk peralatannya sedikit demi sedikit kita lengkapi. Kita juga membangun lab IPS yang diperuntukan guru mata pelajaran rumpun IPS. Bahkan, kami juga mempunyai 3 ruang lab computer, dan satu ruang lab diisi masing-masing 40 unit computer,” ucap lulusan Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, jurusan Ekonomi Akuntansi Universitas Pasundan Bandung 1999.

Selain ruang-ruang lab, aku Emi, ada juga ruangan multimedia yang biasa digunakan untuk acara-acara resmi, seperti rapat dan kegiatan-kegiatan siswa atau seleksi olimpiade sains. “Alhamdulillah kami juga mempunyai ruangan studio musik yang lengkap dengan peralatan musiknya dengan dilengkapi alat peredam. Sehingga ketika ruangan tersebut dipakai tidak mengganggu kepada kegiatan belajar mengajar. “Studio musik ini dalam upaya mengembangkan ekskul musik modern,” tutur Emi.

Adapun program unggulan bidang sarana dan prasarana untuk tahun 2021, urai Emi, rencana ingin membangun masjid di sekitaran parkiran depan. Posisinya dilantai atas ruangan karawitan, sehingga nantinya dari lapang parkir itu bisa langsung menuju ke masjid. Sebetulnya kita sudah memiliki masjid, tetapi karena kapasitas siswa yang semakin bertambah, akhirnya kita membutuhkan masjid yang lebih luas lagi. Rencana anggaran untuk pembangunan masjid ini dari uang infak siswa-siswi, guru SMAN 1 Gununghalu, dari uang infak dan sumbangan juga dari guru guru warga SMAN 1 Gununghalu.

Fasilitas lain yang sudah dipersiapkan bidang sarana dan prasarana, lanjut Emi, kelengkapan protocol kesehatan untuk menghadapi new normal, dan kesiapan belajar tatap muka bila sudah diizinkan, seperti masker, sanitizer, sarung tangan, tempat cuci tangan di setiap kelas.**

Editor: Rusyandi

Bagikan melalui:

Komentar