BINA SARANA CENDEKIA – AL KENZIE MENJALIN KERJASAMA DENGAN BERBAGAI PIHAK

BINA SARANA CENDEKIA – AL KENZIE MENJALIN KERJASAMA DENGAN BERBAGAI PIHAK ist

DALAM mengembangkan sayapnya Bina Sarana Cendekia – Al Kenzie terus melakukan berbagai ivovasi yang mengarah kepada peningkatan mutu pendidikn dan lembaga, salah satunya dengan melakukan berbagai kerjasama berbagai pihak, dalam negeri maupun luar negeri.

ANGGOTA AIC (ACADEMIC INTERNATIONAL CONSORTIUM OF INDONESIA)

Bina Sarana Cendekia dan Al Kenzie menjadi anggota AIC (ACADEMIC INTERNATIONAL CONSORTIUM OF INDONESIA) memiliki beberapa benefit, yakni:
1. Akses perpustakaan dan jurnal disemua perguruan tinggi yang MoU se-Asia Pasifik.
2. Bina Sarana Cendekia dan Al Kenzie memiliki akses kerjasama di kawasan Asia Pasifik.
3. Mengikuti workshop visiting profesor ke luar negeri
4. Beasiswa

ANGGOTA APCORE

The Asia Pacific Consortium of Researchers and Educators ( APCORE ) sebagai jembatan Bina Sarana Cendekia dan Al Kenzie untuk mengakses dunia luar berkaitan dengan penelitian, dan hasil hasil karya info terbaru dari anggota Asia – Fasifik. Para peneliti dan pendidik saling berkomunikasi update terbaru dunia pendidikan, dan teknologi yang bisa kita dapatkan untuk kemajuan siswa/i.

KERJASAMA DENGAN JEPANG

Bina Sarana Cendekia dan Al Kenzie juga bekerjasama dengan NPO Kanken Network Jepang yang mewakili Mino Industry, Hitowa Holdings, Marufuji Concrete Industrial Factory, Tomoshige Building Cleaning and Maintenance, Taico Co.Ltd.
Kerjasama dengan beberapa perusahaan di Jepang dalam rangka tantangan meningkatkan kualitas siswa yang diberi kesempatam bekerja, dan disalurkan ke beberapa perusahaan Jepang tersebut. Lulusan Bina Sarana Cendekia dan Al Kenzie bisa langsung bekerja dibeberapa perusahaan di Jepang dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

KERJASAMA DENGAN 7 UNIVERSITAS DI KOREA SELATAN

SMK Bina Sarana Cendekia dan SMA Al Kenzie berupaya meningkatkan kualitas lulusan SMA dan SMK-nya dan bekerjasama dengan 7 universitas di Korea Selatan. Tentu saja peningkatan mutu yang pertama dari bahasa, dimana semua siswanya diajarkan bahasa Korea dalam kurikulum pendidikannya.

Siswa/i Bina Sarana Cendekia dan Al Kenzie pun berkesempatan mendapatkan beasiswa dari 7 universitas di Korea Selatan. Selain itu siswa/i yang kuliah di perguruan tinggi tersebut akan diberikan pekerjaan part time di Korea Selatan sesuai dengan ketentuan dan topik level kemampuan bahasa Korea.

Guru dan elemen warga sekolah diberi akses untuk peningkatan mutu di Korea Selatan. Keuntungan lainnya, Bina Sarana Cendekia dan Al Kenzie bisa mengundang guru tamu dari Korea, serta akses informasi terbaru teknologi dan riset oleh dosen-dosen dari perguruan tinggi tersebut.
Ketujuh perguruan tinggi tersebut adalah :
1. Gangneung Wonju National University
2. Hanbat National University
3. Kunsan National University
4. Korea Polytechnic University
5. Daegu Health College
6. Catholic University Of Daegu
7. Yeoju College

KERJASAMA DENGAN BANYAK UNIVERSITAS DALAM NEGERI

Kerjasama dengan beberapa Universitas di dalam negeri dilakukan dalam rangka upadate informasi dan beasiswa bagi lulusan Bina Sarana Cendekia dan Al Kenzie

BINA SARANA CENDEKIA DAN AL KENZIE KERJASAMA DALAM PERTUKARAN PELAJAR DENGAN MALAYSIA

Bina Sarana Cendekia dan Al Kenzie juga bekerjasama dengan beberapa sekolah level SD dan SMP di Malaysia. Tantangan peningkatan mutu dan memberi pelayanan terbaik, sehingga peningkatan mutu siswa sangat diperlukan. Dimana Bina Sarana Cendekia dan Al Kenzie mengirimkan siswanya untuk belajar di sekolah formal Malaysia, begitu juga sebaliknya, sekolah di Malaysia akan mengirimkan siswanya belajar di Al Kenzie. Beberapa sekolah yang di-Mou-kan, di antaranya:
1. SMP—SMA– SMK Kebangsaan Jugra
2. Sekolah Kebangsaan Jugra
3. Sekolah Kebangsaan Sungai Lang
4. Sekolah Kebangsaan Morib
5. Sekolah Kebangsaan Kanchong Tengah
6. Sekolah Kebangsaan Sungai Kelambu
7. Sekolah Kebangsaan Batu Laut
8. Sekolah Kebangsaan KG Endah
9. Sekolah Kebangsaan Tanjung Sepat

BEBERAPA KONSEP MUTU YANG DIUSUNG DALAM MoU TERSEBUT ADALAH:

- Pertukaran Pelajar
- Sharing kurikulum dan mutu
- Bekerjasama dalam hal sharing Info untuk kemajuan kedua belah pihak, baik bagi sekolah maupun siswa/i
- Meningkatkan mutu, ilmu pengetahuan dan keterampilam antar guru
- Pertukaran kurikulum, ide, kreativitas, inovasi diberbagai bidang

KELAS INTERNASIONAL DAN STANDAR CAMBRIDGE

Bina Sarana Cendekia dan Al Kenzie akan segera merealisasikan peningkatan mutu dengan menerapkan kurikulum baru yang mangacu pada standar internasional, yaitu Cambridge. Dengan menggunakan buku dari Cambridge University Press. Kelas internasional yang akan dibangun dengan menerapkan 3 mata pelajaran dengan standar internasional (bahasa Inggris, sains, matemtika):
a. Akan mendapatkan assesment kemampuan
b. Mendapatkan sertifikat kemampuan internasional dari Cambridge (bahasa Inggris, sains, matematika)
c. Guru yang bersertifikasi khusus dan mix dengan guru dari luar negeri (bilingual)
d. Akses dan ajang kompetisi internasional dan kelas khusus

KELAS INDUSTRI DAN 9 SERTIFIKASI INTERNASIONAL

Kelas industri akan segera dibuka khusus untuk SMK Bina Sarana Cendekia. Sementara ini kelas industri akan dibuka untuk keahlian Teknik Komputer Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak, Akuntansi dan Teknik Sepeda Motor.
Kelas industry ini juga akan menggunakan kurikulum khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan industry . Dengan RPL dan TKJ akan menggandeng Axioo class program + 9 sertifikasi internasional.
Teknik Sepeda Motor akan menggandeng brand Honda. Sedangkan Akuntansi akan menggandeng Bank Syariah Mandiri

KERJASAMA DENGAN UNIVERSITAS DI PHILIPINA

SMK Bina Sarana Cendekia (BSC) dan SMA Al Kenzie berupaya meningkatkan kualitas lulusan SMA dan SMK-nya dan bekerjasama dengan 3 Universitas di Philipina, yakni:
1. Sentro Escolar University
2. ST Vincent College Incorporated
3. ST Josepth College Of Sindangan

PROFESSOR RACHIDON P. BERNATTE DAN PROFFESOR SILVIANA AMBANG SEBAGAI GURU TAMU

Untuk peningkatan mutu pendidikan serta kualitas siswa-siswi Al Kenzie dan Bina Sarana Cendekia, dipandang perlu adanya update ilmu dari guru-guru luar negeri. Untuk itu Al Kenzie dan Bina Sarana menandatangani MoU dan bekerjasama dengan 2 Professor dari Philipina sebagai guru tamu, dan juga untuk melatih guru-guru yang ada di Al Kenzie dan Bina Sarana Cendekia

TAMBAHAN JAMINAN MUTU SPMI

Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) adalah sistem penjaminan mutu yang berpendidikan dan dijalankan oleh seluruh komponen satuan pendidikan. Dengan SPMI ini sekolah menjamin bahwa dalam pengelolaan sekolah dengan konsep mutu yang jelas, mutu yang dijalankan oleh sekolah dan semua elemen yang ada didalamnya. Diimplementasikan secara mandiri, menggunakan acuan mutu minimal SNP, menggunakan data dan informasi yang jujur sesuai dengan kondisi yang ada di satuan pendidikan dilaksanakan secara berkelanjutan mengikuti lima langkah penjaminan mutu yang membentuk suatu siklus yang dilaksanakan secara berurutan dilaksanakan terhadap keseluruhan unsur yang meliputi organisasi, kebijakan, dan proses-proses yang terkait, serta seluruh aktivitas dalam pelaksanaan SPMI terdokumentasi dengan baik dalam berbagai dokumen mutu diakses oleh seluruh pemangku kepentingan. Dengan dilaksanakannya SPMI ini di Bina Sarana Cendekia dan Al Kenzie akan menambah daya gedor mutu yang diharapkan, sehingga sekolah dan siswa benar-benar bermutu.

BERBASIS KEBUTUHAN ABAD 21 DAN GENERASI 4.0

Kemajuan zaman dan teknologi, tentu saja tidak luput dari perhatian Juliansyah, selaku CEO Bina Sarana Cendekia Al Kenzie. Pendidikan berbasis kebutuhan Abad 21 dan Generasi 4.0 menjadi menu konsep yang diusungnya:

a. Karakter (koral dan Kinerja)
b. Kompetensi (berfikir kritis, kreatif, komunikatif, kolaboratif)
c. Literasi/keterbukaan wawasan (baca, budaya, teknologi dan keuangan)

Begitu juga dengan kebutuhan Generasi 4.0, persiapan dimulai dengan melakukan revitalisasi kurikulum dan melakukan kemitraan dengan berbagai perusahaan, dan akan berdampak kepada emotional quotient (kecerdasan emosional) anak-anak. Kerja sama tersebut bertujuan meningkatkan kompetensi siswa. Selain itu, membentuk kompotensi dan keterampilan siswa agar sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan industri.

ADA 3 BAHASA

Kerja sama antara Bina Sarana Cendekia - Al Kenzie dengan Korea Selatan dan Jepang, tentu saja mengharuskan sekolah untuk memasukkan bahasa Jepan dan bahasa Korea dalam kurikulumnya. Hal ini bertujuan agar siswa/i bisa berbahasa Korea dan Jepang, sehingga ketika siswa melanjutkan pendidikan ke Korea atau Jepang, maka siswa/i sudah familiar dan bisa berbahasa Jepang atau Korea. Begitu juga dengan bahasa Arab (khusus di Al Kenzie) masuk kedalam struktur kurikulum semua jenjang SD, SMP, SMA, SMK. Hal ini agar siswa/i kemampuannya meningkat dalam sisi keagamaan dan Al-Quran sebagai basis pendidikan di Al Kenzie, sehingga menerapkan 3 pendidikan bahasa di sekolah.

KARAKTER DAN PEMBIASAAN ISLAM

Untuk menuju semua kesuksesan yang diharapkan, menatap masa depan yang baik tentu saja karakter dan pembiasaan ini diharapkan semakin memantapkan sifat, karakter dan attitude dalam bermasyarakat. Bina Sarana Cendikia dan Al Kenzie melakukan penguatan karakter dan pembiasaan dalam berbagai kegiatan, di antaranya:
- Salaman pagi
- Berwudhu dari rumah
- Sholat dhuha berjamaah (zikir pagi dan sore)
- Sholat zuhur dan ashar berjamaah
- Salam, senyum, sapa
- Makan dan minum sambil duduk
- Cinta lingkungan dengan Gerakan Pungut Sampah
- Daily English Conversation
- TTM ( Tolong, Terimaksih, Maaf )
- Mabit
- High Achiever Program
- Assembly Performa
- Contact Time
- Market Day
- Dan masih banyak yang lainnya.

LEADERSHIP DAN INTERPRENEURSHIP

Bina Sarana Cendekia dan Al Kenzie dalam menerapkan pendidikannya mengajarkan konsep Leadership dan Interpreneurship dalam berbagai kegiatan yang diadakan di sekolah maupun di luar sekolah. Bermacam-macam kegiatan yang mengusung konsep ini dengan tujuan siswa-siswi memiliki jiwa kepemimpinan, dan juga jiwa kewirausahaan. Hal ini dianggap sangat penting oleh sekolah dengan tujuan menyiapkan pemimpin masa depan, dan menjadi insan yang mandiri setelah lulus dari Bina Sarana cendekia dan Al Kenzie.

SEKOLAH DIGITAL

Al Kenzie dan Bina Sarana Cendekia sudah menggunakan Edubox-Edu Eye dalam absensi, pemberian tugas dan ujian , pengumuman dan lainnya. Sehingga Edubox (disisi sekolah ) dan Edu Eye (disisi orang tua) dapat memantau aktifitas anak-anaknya dari absensi, tugas dan penilaian serta pengumuman dan informasi lainnya dari aplikasi Edu Eye yang digunakan di handphone (HP) orang tua (anaknya dapat dipantau dengan tepat )**

Editor: Rusyandi

Bagikan melalui:

Komentar