Masa Pandemi Covid-19, SMA Al Ma'soem Gelar CBP Camp Virtual

Masa Pandemi Covid-19, SMA Al Ma'soem Gelar CBP Camp Virtual sastra firmansyah SMA Al Ma'soem di Jalan Raya Rancaekek-Cileunyi (Jalan Raya Cipacing Desa Cipacing, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat melaksanakan CBP (Cageur-Bageur-Pinter) Camp dan University Fair secara virtual karena masih pandemi Covid-19. Kegiatannya dilaksanakan mulai Sabtu, 16 Januari 2021 sampai 27 Februari 2021 mendatang.

JATINANGOR, GJ.com - SMA Al Ma'soem yang berlokasi di Jalan Raya Rancaekek-Cileunyi (Jalan Raya Cipacing, Desa Cipacing, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, melaksanakan CBP (Cageur-Bageur-Pinter) Camp dan University Fair secara virtual karena masih masa pandemi Covid-19. Kegiatan tersebut akan berlangsung mulai Sabtu, 16 Januari sampai 27 Februari 2021 mendatang.

Pelaksanakan CBP Camp dan University Fair secara virtual itu, karena mengingat pandemi Covid-19 masih tinggi di Indonesia khususnya, dan dunia pada umumnya. Event yang dinanti-nanti oleh siswa kelas XII ini biasanya menginap di kampus dan juga silaturahim langsung dengan alumni SMA Al Ma’soem yang sudah sukses masuk ke perguruan tinggi terpaksa tidak bisa dilaksanakan.

Namun demikian, SMA Al Ma’soem tetap mewadahi event tahunan ini karena sangat efektif untuk memotivasi, dan juga mengarahkan siswa kelas XII untuk melanjutkan ke perguruan tinggi negeri favorit atau melanjutkan pendidikan ke luar negri.

Ketua Pelaksana CBP Camp, Abas Basari mengatakan, pelaksanaan CBP Camp tahun ini dilaksanakan secara daring, mulai 16 Januari sampai 27 Februari 2021.

"CBP Camp tahun ini lebih lama waktunya karena dilaksanakan daring karena ada materi dengan tim BK Al Ma’soem yang dilaksanakan konseling secara personal," kata Abas Basari.

Selain itu, kata Abas, sesi University Fair-nya juga tidak dilaksanakan serentak, seperti tahun-tahun sebelumnya.

Ditempat terpisah, Ketua Yayasan Al Ma’soem Bandung, H. Ceppy Nasahi Ma’soem memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya, Ceppy Basahi Ma'soem mengatakan, sudah lama tidak bertemu, karena masih pandami, walau pandemi harus tetap semagat dalam mengejar perguruan tinggi favorit.

"Tidak terasa ananda harus berjuang untuk masuk PTN atau perguruan tinggi negeri," katanya.

Selanjutnya, imbuh Ceppy, tujuan CBP Camp dibentuk adalah sebuah usaha sekolah dan timses untuk meloloskan semua siswa agar banyak lulusan SMA Al Masoem yang bisa diterima ke perguruan tinggi favorit.

"Karena sedang pandemi maka CBP tahun ini dilaksanakan secara berbeda, untuk belajar juga lebih banyak online namun dengan begitu ananda seharusnya bisa lebih leluasa untuk mencari informasi. Bisa belajar dari alumni-alumni dulu yang sudah di terima ke PTN favorit dan bisa di jadikan referensi untuk ananda dalam memilih perguruan tinggi yang sekiranya memiliki masa depan yang bagus. Nah terus tingkatkan belajar di sisa waktu ini jangan sampai di sia-siakan, kesempatan untuk bermain di kurangi dan mulai fokus untuk masuk perguruan tinggi favorit ananda," tuturnya.

Menurut Ceppy Basahi Ma'soem, pandemi memang tidak bisa dihindari, tapi mereka melanjutkan untuk ke perguruan tinggi favorit itu juga tidak bisa dihindari.

"Jangan sampai salah pilih perguruan tinggi karena trending, karena banyak peminatnya, tapi anda harus bisa memprediksi kedepaannya apakah lulusannya nanti lima tahun ke depan bisa di butuhkan masyarakat atau tidak. Jangan pilih perguruan tinggi yang lagi 'booming' aja tapi lulusannya tidak dibutuhkan di masa depan. Kita akan terus melakukan inovasi agar banyak alumni kita yang keterima perguruan tinggi. Khususnya tahun ini kami mencoba program khusus agar bisa mengantarkan siswa kami untuk masuk ke PTN favorit," paparnya.

Maka untuk hari ini, imbuh Ceppy Basahi Ma'soem, pihaknya bekerjasama dengan Prof Dr. Muchtaridi, M.Si., Apt. dari Unpad untuk menjadi pemateri. "Mudah-mudahan dengan bantuan Prof. Dr. Muchtaridi, M.Si., Apt., persentase lulusan PTN lebih naik lagi karena Al Masoem setiap tahun menginginkan selalu ada peningkatan. Semoga tahun ini juga lulusan Al Ma’soem meningkat lagi yang bisa di terima ke PTN," pungkasnya.**

Penulis: Sastra Firmansyah



Editor: Rusyandi

Bagikan melalui:

Komentar